Rabu, 02 Maret 2011

Kemanusiaan dan Cinta Kasih

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

selamat pagi siang sore malam wahai sahabat.
di penulisan saya yang selanjutnya,
kali ini, saya akan membahas secara kupas tuntas dalam hubungan Manusia dan CInta Kasih. . . . .
salah satu penyelesaian tugas IBD akan menjelaskan berbagai hal yang perlu dijelaskan..
check this out , sohib !!
*saya mencintai posting ini.
:))


Pengertian cinta kasih
Seorang philosof Pakistan (Muhamad Iqbal) mengatakan tentang cinta. Cinta dimata Iqbal memiliki dimensi spiritual yang dinamakan Isyq-o muhasbat yang memberikan daya kreatifitas yang hidup dan sebagai berdirinya suatu pribadi dan kepribadian. Dimana cinta menduduki urutan pertama dalam tariqh (suatu jalan, cara atau ikhtiar) hingga menuju penyempurnaan diri dan pensucian hati. Cinta menurutnya juga merupakan stasiun terakhir yang terletak pada Tuhan yang bersifat fundamental.
Definisi tepat yang dapat menggambarkan tentang cinta sangatlah sulit untuk dijelaskan secara terperinci dan sempurna, karena jika api cinta sudah berkobar maka akan sangat sulit untuk dipadamkan. Cinta merupakan kekuatan spiritual yang dapat membangkitkan fungsi – fungsi kecerdasan emosional dan secara spiritualitas dapat menembangkan potensi – potensi orang  yang sedang mengalaminya. Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/ kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
"Cinta adalah ketertarikan hebat yang tidak masuk akal, agar sepasang jiwa
mengupayakan kebersamaan sebagai pasangan yang menghasilkan keturunan yang
melanjutkan kehidupan. Kasih sayang adalah keputusan sadar untuk menjadikan kebersamaan seseorang dengan pribadi pilihannya sebagai sahabat yang membesarkan kehidupan. Cinta bisa berlangsung sesaat, dan kasih sayang-lah yang melanjutkannya
sampai kapan pun."
LOVE IS RESPECT
Jika seseorang mengatakan bahwa dia mencintai Anda, tetapi kata-kata dan tindakannya tidak menghormati Anda sebagai pribadi yang baik dan mandiri,
maka dia tidak betul-betul mencintai Anda. Mungkin dia ingin memiliki Anda, tetapi pasti bukan cinta.
CINTA ADALAH PEMUJAAN.
Maka bagaimana mungkin orang yang ... seharusnya memuja Anda menyakiti Anda?
Be wise, this is your life.
-Mario Teguh-
“Cinta adalah kecocokan jiwa antara dua manusia”
-Kahlil Gibran-
Sebutkan tiga unsur tentang cinta
Menurut Dr. Salito W. Sarwono dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta , bukan cinta segitiga dikatakan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur, yaitu:
Keterikatan, adalah perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
Keintiman, yaitu adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal diganti dengan sekedar nama panggilan.
Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tak bertemu, ucapan- ucapan yang menyatakan sayang, saling mencium, merangkul dan sebagainya.

Sebutkan 3 tingkatan cinta
Triangular Theory of Love
Di dalam teori ini, cinta digambarkan memiliki tiga elemen/komponen yang berbeda, yaitu : keintiman (intimacy), gairah/nafsu (passion), dan kesepakatan/komitmen (commitment). Teori ini dikemukakan oleh Robert Sternberg – seorang ahli psikologi. Berbagai gradasi maupun jenis cinta timbul karena perbedaan kombinasi di antara ketiga elemen tersebut. Suatu hubungan interpersonal yang didasarkan hanya pada satu elemen ternyata lebih rapuh daripada bila didasarkan pada dua atau tiga elemen.

Menyukai (liking) atau pertemanan karib (friendship), yang cuma memiliki elemen intimacy. Dalam jenis ini, seseorang merasakan keterikatan, kehangatan, dan kedekatan dengan orang lain tanpa adanya perasaan gairah/nafsu yang menggebu atau komitmen jangka panjang.
Tergila-gila (infatuation) atau pengidolaan (limerence), hanya memiliki elemen passion. Jenis ini disebut juga Infatuated Love, seringkali orang menggambarkannya sebagai “cinta pada pandangan pertama”. Tanpa adanya elemen intimacy dan commitment, cinta jenis ini mudah berlalu.
Sebutkan berbagai bentuk cinta
Cinta hampa (empty love), dengan elemen tunggal commitment di dalamnya. Seringkali cinta yang kuat bisa berubah menjadi empty love, yang tertinggal hanyalah commitment tanpa adanya intimacy dan passion. Cinta jenis ini banyak dijumpai pada kultur masyarakat yang terbiasa dengan perjodohan atau pernikahan yang telah diatur .
Cinta romantis (romantic love). Cinta jenis ini memiliki ikatan emosi dan fisik yang kuat (intimacy) melalui dorongan passion.
Cinta persahabatan sejati (companionate love). Didapatkan pada hubungan yang telah kehilangan passion tetapi masih memiliki perhatian dan intimacy yang dalam serta commitment. Bentuk cinta seperti ini biasanya terjadi antar sahabat yang berlawanan jenis.
Cinta semu (fatuous love), bercirikan adanya masa pacaran dan pernikahan yang sangat bergelora dan meledak-ledak (digambarkan “seperti angin puyuh”), commitment terjadi terutama karena dilandasi oleh passion, tanpa adanya pengaruh intimacy sebagai penyeimbang.
Cinta sempurna (consummate love), adalah bentuk yang paling lengkap dari cinta. Bentuk cinta ini merupakan jenis hubungan yang paling ideal, banyak orang berjuang untuk mendapatkan, tetapi hanya sedikit yang bisa memperolehnya. Sternberg mengingatkan bahwa memelihara dan mempertahankan cinta jenis ini jauh lebih sulit daripada ketika meraihnya. Sternberg menekankan pentingnya menerjemahkan elemen-elemen cinta ke dalam tindakan (action). “Tanpa ekspresi, bahkan cinta yang paling besar pun bisa mati” kata Sternberg.
Erich Fromm (1983:54) dalam bukunya Semi Mencintai mengemukakan tentang adanya macam macam cinta, yaitu:
Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudraan tidak mengenal adanya batas – batas manusia berdasarkan SARA.
Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
Cinta Terhadap Allah, adalah cinta seorang mahluk kepada penciptanya.
Jelaskan pengertian kasih sayang
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Poerwardarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduaanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Kasih Sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua. Pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lebih dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubunan yang harmonis akan terjadi bila hal itu terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
Jelaskan pengertian kemesraan
Filsuf Rusia, Salovjef dalam bukunya kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, is terlempar keluar dari cinta diri. Ia mulai hidup untuk orang lain”. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang mendalam.
Jelaskan pengrtian pemujaan
” Dan aku berlindung kepada mu. Ya tuhanku, dari kehadirannya di dekatku.”
Al-Mu’minin ayat 98
Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Dapat di simpulkan, Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah. Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.
Jelaskan pengertian belas kasih
Belas kasih adalah sub dari cinta kasih tadi. Biasanya belas kasih didasari oleh rasa iba terhadap mahluk/ seseorang, baik dari sisi situasi maupun kondisi. Sebagai contohnya kita bisa melihat, pemberian uang dari seorang yang lebih beruntung ke seorang pengemis di lampu merah.  
Opini  
Melalui sarana blog ini, izinkan saya untuk mengupas tentang apa itu cinta kasih sayang dan dampak buruknya. Menurut saya cinta adalah sesuatu yang bersifat abstrak, tidak bisa di tuangkan ke dalam kata- kata. Tetapi kita insan manusia yang merasakannya seakan lupa akan kodrat kita sebagai manusia yang harus mencintai, dan menyayangi Tuhannya lebih dari apapun, dalam hal ini karena saya adalah seorang muslim maka saya harus mencintai Allah SWT dan Rasul- rasulnya lebih dari apapun. Sebenarnya saya berat mncantumkan kata- kata ini, karena saya sadar terkadang saya sebagai manusia sering melakukan kesalhan tersebut.  Pernahkah Anda berfikir banyak sekali terjadi penyimpangan yang mengatas namakan cinta di sekitar kita. Mungkin sekarang sudah lumrah terjadi penyimpangan seperti homosexsual dan lainnya. Sebenarnya mencintai sesama jenis itu memang perlu, tetapi tidak semestinya juga menjadi sebuah ikatan yang selayaknya hubungan dengan lawan jenis. Kita seharusnya yang berada di sekitar meraka, harus mengingatkan bahwa itu merupakan tindakan yang salah baik dari segi norma aplagi agama. Jadi saat cinta itu datang, kita harus bisa menafsirkannya dengan perasaan dan nalar kita. Karena selain merugikan kita diri sendiri merugikan pula bagi pihak- pihak di sekitar kita. Terakhir kita juga harus mencintai dan mengasihi fakir miskin disekitar kita, Karena sebagian harta kita adalah titipan dari Allah SWT bagi kaum yang kurang mampu tersebut.
Sumber tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar